Anak-anak sangat suka bermain peran atau bermain pura-pura. Salah satu permainan peran yang paling disukai anak-anak adalah bermain dokter-dokteran. Segala isi kotak P3K mulai dari kapas, plester, obat merah, sampai termometer, digunakan anak untuk bermain dokter-dokteran. Bahkan terkadang, alat rumah tangga pun bisa digunakan anak untuk dijadikan seakan-akan alat kedokteran. ūüėć
Itu karena wilayah otak yang sama menjadi aktif, baik ketika Anda mengalami sesuatu dalam kehidupan nyata maupun ketika Anda masuk ke kepala karakter dan membayangkan mengalaminya. Para peneliti telah benar-benar menemukan bahwa ketika melihat dunia dari sudut pandang orang lain maka orang tersebut akan menjadi lebih empatik dan memahami cara berpikir yang berbeda.
Menjawab masalah inilah, antara lain, teknik membaca cepat (speed reading)diciptakan. Teknik ini sesungguhnya sangat sederhana tapi terasa efektif. Sebagai contoh, Ada tak perlu mengikuti kata demi kata pada setiap kalimat dalam sebuah paragraf untuk mengerti sebuah informasi. Tapi cukup memfokuskan pandangan mata Anda (blocking) pada paragraf tersebut selama beberapa saat, untuk kemudian pindah ke paragraf yang lain. Selama menatap itulah, mata kita sesungguhnya melakukan fiksasi atau memahami pesan yang disampaikan dalam kalimat atau paragraf tersebut.
Di dalam kantor ada kalanya terjadi pendelegasian wewenang dari yang atas kepada pihak tertentu yang di bawah. Pendelegasian wewenang ini harus dilakukan sepraktis mungkin dan wewenang didelegasikan oleh pimpinan yang lebih tinggi kepada pimpinan yang lebih rendah, sehingga pihak yang mendapat pendelegasian wewenang itu dapat bertindak secara lebih efisien tanpa perlu selalu minta petunjuk kepada atasan dalam pelaksanaan kerjanya.
Hargai apa yang mereka baca. Apabila anak anda selesai atau habiskan sebuah buku bacaan, bertanyalah apa yang mereka dah dapat dari buku tersebut. Tanyakan jalan cerita, tanyakan pengajaran dan kesimpulan. Anda perlu tunjukkan kepada anak anda bahawa mereka sudah menjadi lebih bijak dari anda apabila selesai membaca buku. Katakan anak anda baru selesai baca buku berkaitan pelangi .. "Ohh abah tak tahu pun pelangi tu ada 7 warna, abah tengok macam ada 2 warna je ..". Anak anda pastinya akan beritahu lagi dan lagi, seterusnya nanti akan meningkatkan rasa untuk mereka tambah pengetahuan lagi dengan membaca buku.
Pusing bisa juga disebabkan kadar kalium yang rendah. Kentang dan buah pisang merupakan menu dengan kandungan kalium, potassium dan magnesium yang tinggi untuk melancarkan sistem peredaran darah sehingga sakit kepala bisa berkurang. Mengonsumsi kentang yang masih ada kulitnya merupakan cara yang benar karena masih banyak kaliumnya. Namun hindari kentang yang digoreng.
Latar belakang penelitian ini karena siswa beranggapan bahwa pembelajaran bahasa Sunda sangat sulit. Hal itu menyebabkan siswa tidak begitu hirau terhadap pembelajaran tersebut, termasuk dalam pembelajaran menulis, misalnya kurang memperhatikan ejaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan ejaan yang dilakukan oleh siswa kelas IX SMP Laboratorium Percontohan UPI ... [Show full abstract] tahun ajaran 2013/2014. Uraiannya menyaran kepada kesalahan (1) penggunaan aksara, (2) menulskan aksara, (3) menuliskan kecap, (4) menuliskan unsur serapan, dan (5) penggunaan tanda baca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tehnik tes. Pengolahan data dilakukan dengan analisis dokumen. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Laboratorium Percontohan UPI tahun ajaran 2013/2014. Data yang digunakan merupakan kesalahan ejaan dalam menulis berita yang dilakukan oleh siswa sekolah terebut. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa siswa masih banyak melakukan kesalahan ejahan dalam menulis berita. Kesalahannya meliputi : (1) kesalahan penggunaan aksara 101 (43,72%); (2) kesalahan menuliskan aksara 83 (38,10%); (3) kesalahan menuliskan kata 26 (11,25%); (4) kesalahan menuliskan unsur serapan 7 (3,03%); dan (5) kesalahan penggunaan tanda baca 14 (6,06%). Berdasarkan hasil tersebut, guru harus lebih intensif dalam mengajarkan bahasa Sunda, terutama dalam membedakan vokal é, e, dan eu.AbstractThis study is come from the idea that students consider that learning Sundanese is difficult, which makes them tend to be ignorant in Sundanese courses, including in writing, such as not paying attention to how to spell it. This study is aimed to find out and describe spelling errors done by students of grade IX of SMP Laboratorium Percontohan UPI School Year 2013/2014. The spelling error includes (1) letters usage; (2) letters writing; (3) words writing; (4) uptake elements writing; and (5) punctuation usage. This study is using descriptive method with test technique. The data is processed using document analysis. Data source in this study are students of grade IX SMP Laboratorium Percontohan UPI School Year 2013/2014. Data in this study are spelling errors in writing news done by the students. The result of this study shows that most of students still doing spelling errors in writing news. The errors includes (2) error in using letters with total of 101 items (43,72%); (2) error in writing letters with total of 83 items (38,10%); (3) error in writing words with total of 26 items (11,25%); (4) error in writing uptake elements with total of 7 items (3,03%); and (5) error in using punctuations with total of 14 items (6,06%). Based on the results above, it can be concluded that teachers have to be more intensively teaching Sundanese spelling to students, especially in distinguishing vocal é, eandeu.
Hi puan..ank saya pun guna kaedah phonics masa berumur 4 & 5thun di tadika A..bila umur 6thun saya pindahkan ank ke tadika B..di tadika B mengajar mnggunakan old style mengeja secara baku contoh..b..a..ba..b..u...bu....jadi die confius kt citu n blur..bila saya ajar cara phonics die akan ok..tp kdg2 trsasul jga baku nya..bgi saya ikut ohonics ank lebih cepat membaca..ank saya yg sulung 2thun sek guna kaedah phonics trus boleh baca lancar..baik bahasa melayu..english mahupun jawi..
Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. MIN 1 Kutai Kartanegara mulai bersolek dan tampak lebih nyaman dengan adanya dua tempat yang mungil untuk dijadikan tempat duduk-duduk membaca. Tempat tersebut berbentuk balai dan tempat duduk berpayung yang dibuat dari bambu sederhana, tripleks dan kayu-kayuan. Tertera di salah satu bangunan itu tulisan ‚ÄúPondok Baca‚ÄĚ
Belajar membaca-menulis-berhitung (calistung) untuk anak usia dini saat ini masih menuai pro dan kontra di kalangan orangtua. Beberapa pakar parenting berpendapat bahwa kegiatan calistung ini sebaiknya dikenalkan saat anak sudah mencapai tingkat intelektual di atas 6 tahun. Namun, sebagian lainnya berpendapat bahwa kegiatan membaca dan menulis dapat distimulasi sejak anak usia dini. Julia Sarah Rangkuti menyetujui pendapat kedua, bahwa anak usia dini boleh distimulasi dengan kegiatan membaca dan menulis asalkan orangtua memperhatikan 2 hal, yaitu kesiapan anak dan metode yang diberikan.

Mengajari anak membaca harus dimulai secara bertahap ya Bunda. Sebagai langkah awalnya, Bunda bisa memperkenalkan huruf-huruf abjad kepada si kecil. Mintalah ia untuk mengucapkannya setelah Bunda. Lalu, ajarkan si kecil untuk menghafal urutan hurufnya, mulai dari A hingga Z. Tak perlu langsung semuanya, Bunda bisa mengajarinya menghafal 5 huruf setiap harinya.
Jika kemudian anak Kita berhasil menulis dan membaca dengan baik, jangan lupa untuk memberikan pujian pada anak dengan kata-kata dan ekspresi wajah yang manis. Mengapa ini penting? Karena pujian adalah salah satu cara yang efektif untuk mendorong semangat anak agar terus belajar. Sesekali Kita memberinya hadiah juga tidak masalah sebagai penghargaan atas keberhasilannya.
Dengan memberikan bacaan yang tepat, misalnya novel karya Wiwid Prasetyo yang berjudul ‚ÄúOrang Miskin dilarang Sekolah‚ÄĚ, seorang anak bisa memahami berbagai keadaan di masyarakatnya. Sementara itu, anak-anak yang lebih muda bisa belajar banyak dari cerita bergambar ‚ÄúCurious George‚ÄĚ karena selain penuh warna, bahasa yang digunakannya sangat mudah dan sederhana.

Dengan membaca, sebenarnya anak-anak sedang secara aktif menggunakan kedua bagian otaknya lho. Selain itu, kapasitas memorinya bisa di-upgrade. Kok bisa? Bisa dong, karena otak kanan mengaktifkan imajinasi, kreasi, dan emosi serta otak kiri cenderung mengaktifkan logika dan analisis. Artinya mereka akan memiliki kemampuan untuk menghubungkan satu kata dengan satu gagasan berdasarkan logika atau analisis yang mereka buat.

Namun mengajari anak membaca bukanlah hal yang mudah dilakukan, para orangtua harus mempunyai kesabaran ekstra saat melakukannya, apalagi jika anak kita adalah tipe anak hiperaktif tentu akan butuh tenaga dan kesabaran yang lebih lagi. Karena ketika orangtua tidak memiliki kesabaran tentu ini akan bisa merusak mood anak dan yang ada sang anak malah akan sulit atau bahkan tidak mau untuk diajak belajar.
Anak biasanya suka tidur-tiduran di karpet. Maka ada baiknya jika karpet yang kamu pilih adalah karpet yang memiliki gambar tertentu yang menarik lengkap dengan keteranganya. Usahakan tulisan yang dimuat memiliki ukuran yang cukup besar dengan jenis font yang biasa saja. Dengan begitu, ketika anak tidur-tiduran di karpet, ia akan melihat tulisan dan gambar. Begitu ia tertarik dengan gambar, cobalah untuk melihat tulisan dan ajarkan bagaimana cara membacanya.
Selama beberapa tahun terakhir aku mulai mengumpulkan dan membaca novel-novel dari berbagai penerbit dengan berbagai genre. ¬†Setelah sempat mengacak-acak rak buku beberapa jam lalu, aku menemukan novel-novel tersebut dan kembali menghubungkan diri dengan cerita-cerita di dalamnya. Penerbit ¬†GagasMedia adalah salah satu penerbit yang memiliki sejumlah penulis novel romance dengan kemampuan yang mumpuni dan tidak diragukan lagi. Sebagai ‚Äėpenggila‚Äô novel romance, aku turut bahagia menyambut bertambahnya usia GagasMedia yang berarti bahwa penerbit kesayangan kami ini akan semakin matang dalam menerbitkan naskah-naskah berkualitas yang dibutuhkan dan dicintai para pembaca.
Guru Bahasa yang terlatih sepatutnya tahu bahawa mengajar kanak-kanak baca-tulis one-to-one adalah lebih berkesan daripada mengajar kanak-kanak secara berkumpulan(atau satu kelas). Apabila kanak-kanak diajar secara individu, guru dapat memberi perhatian penuh kepada kanak-kanak itu. Tak kiralah kaedah membaca apa sekali pun, pembelajaran one-to-one adalah lebih berkesan. Kemahiran membaca adalah kemahiran kompleks, mesti diajar & dilatih. Macam bawa kereta laa. Bukan setakat one-to-one lebih baik tapi mesti diajar setiap hari sehingga mahir.
Metode belajar membaca lainnya yang bisa diterapkan yaitu dengan cara flash card. Cara ini diperkenalkan oleh Glenn Doman. Bahkan tidak perlu menunggu anak berusia tujuh tahun, anak bayi pun bisa mulai diperkenalkan dengan flash card. Mulai dengan flash card bergambar, flash card abjad, flash card kata hingga kalimat. Anda bisa membeli flash card yang banyak dijual di toko buku dan alat tulis. Atau jika Anda cukup kreatif, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
Seingat saya di tahun 90-an saya pernah baca berita di  koran tentang pejabat Departemen Pendidikan yang melarang anak-anak diajar membaca ketika TK.  Alasannya karena membaca adalah pelajaran anak SD dan anak TK tidak boleh stres belajar membaca. Kata sang penjabat saat itu, rencanaya akan dibuat peraturan tersebut, tapi saya tidak tahu apakah ini sudah masuk dalam peraturan atau tidak.
Salam..saya guna kaedah ni sejak anak sulung, skrg anak saya dah 8 org, semua anak kecuali yg last ( 1 bulan ), guna kaedah ni. yg sulung dah 19 thn. Alhamdulillah, semua menjadi dengan kaedah ni kerana saya memang target sebelum naik djh satu, anak dah kuasai membaca. yg pasti, dengan bacaan English pun xdak masalah. Cuma satu saya nak tanya, Kaedah ni guna teori pembelajaran apa ya? Boleh saya buat panduan utk assignment kerana saya sangat bermminat dengan kaedah ni. Tq atas apa2 info yg diberikan.
Ada beberapa kondisi sakit kepala yang berbeda-beda, mulai dari sakit kepala bagian depan, sakit kepala sebelah kiri, sakit kepala sebelah kanan, hingga sakit kepala belakang. Melihat dari mana keluhan itu muncul, sakit kepala bisa berupa migren atau sakit kepala sebelah, tensi/tekanan darah tinggi, vertigo atau badan terasa melayang, dan sakit kepala dengan nyeri bagian dalam dan di sekitas mata atau biasa disebut cluster, serta sakit kepala sinus yakni pada bagian alis dan kedua sisi tepian hidung.
Gerakan kepala dalam membaca akan mengurangi kecepatan baca karena Anda membutuhkan waktu tertentu untuk melakukannya. Sebenarnya tanpa menggerakkan kepala seperti itu bahan bacaan sudah dapat terlihat dan terbaca. Namun dengan gerakan kepala biasanya seseorang ingin memastikan bahwa apa yang dibaca sebelumnya telah lewat dan gerakan tersebut mengindikasikan proses perpindahan ke bahan bacaan berikutnya.
Saat ini sebanyak 35 SDN dari 27 Kecamatan di Kabupaten Ciamis yang ikut dalam program ini. Pada tahun 2015 -- 2016 hanya ada 2 SDN yang rutin menjalankan inovasi 15 menit rindu membaca, yaitu SDN 2 Ciamis dan SDN 3 Kertasari. Kemudian pada tahun 2017 sebanyak 35 SDN yang tertera dalam SK Bupati mulai menjalankan kegiatan 15 menit rindu membaca di sekolahnya. Artinya ada peningkatan jumlah layanan yang menjalankan kegiatan tersebut.
Sebagai orang tua, hendaklah kita tidak usah berkecil hati bila menghadapi anak yang terlambat memiliki kemampuan baca, tulis dan hitung. Kita tidak usah putus asa, tetap semangat dan yakin bahwa pada saatnya kelak anak akan mampu untuk melakukan hal tersebut. Yang perlu kita ingat adalah dukungan kedua orang tua memiliki peranan penting dalam memberikan perlakuan khusus demi menunjang belajarnya si anak. Anak disleksia tentunya membutuhkan pendekatan yang berbeda serta situasi belajar yang lebih kondusif baik di sekolah maupun di rumah sehingga anak akan lebih lancar dalam belajar. Orang tua harus pro aktif untuk mencari tahu informasi apapun yang berkaitan dengan disleksia dari berbagai sumber. Satu hal yang harus digarisbawahi bahwa orang tua harus melakukan tes IQ terlebih dahulu sebelum menyatakan bahwa si anak menderita disleksia. Hal ini untuk mengetahui bila IQ anak di bawah normal, dia bukan disleksia. Mengetahui IQ ini penting karena akan membedakan treatmentnya kelak.
Pada bagian menulis, anak-anak diajarkan cara menulis huruf lepas dan tegak bersambung langkah demi langkah. Selanjutnya, anak diajak menebalkan contoh huruf yang masih putus-putus, kemudian mencoba menulis sendiri pada baris berikutnya. Pada latihan menulis ini disediakan juga garis bantu yang akan membiasakan anak menulis lebih rapi dengan ukuran huruf yang seragam. 'Isi Lengkap: 1.

Sebelum anak diperkenalkan dengan proses belajar membaca, tentunya perlu kita sepakati bersama bahwa menumbuhkan anak menyukai kegiatan membaca jauh lebih penting daripada anak dapat cepat membaca. Kita ingin anak-anak kita cinta belajar bukan hanya sekadar bisa membaca. Dengan demikian, stimulasi dengan membacakan buku kepada anak sebaiknya dilakukan jauh lebih dulu daripada mengajarkan anak membaca dan mengenal huruf.
Menggunakan material Large Moveable Alfabet/LMA untuk anak berlatih menyusun sebuah kata dari pengalaman sebelumnya. Setelah anak mengenal seluruh huruf melalui sandpaper letter maka anak dapat menggunakan LMA ini sebagai sarana untuk membangun kata. Dalam membangun sebuah kata, anak diberikan benda-benda konkrit terlebih dahulu baru kemudian melalui kartu gambar. Contoh, anak diberi miniatur hewan sapi, dan tanyalah pada anak: Orangtua: ‚Äúapa ini?‚ÄĚ Anak: ‚Äúsapi‚ÄĚ Orangtua ‚Äúoke..ayo kita buat kata sapi, sssss (pinta anak mendengarkan phonics dan mengambil huruf tersebut lalu letakkan di sebelah miniatur sapi), dst
Membaca adalah kegiatan yang tersusun dari 4 komponen, yaitu strategi, kelancaran, pembaca, dan teks. Strategi dapat meningkatkan kemampuan pembaca untuk mencapai tujuan dalam membaca. Kelancaran ialah kemampuan membaca dengan kecepatan tertentu dengan pemahaman yang cukup. Gabungan dari startegi, kelancaran, teks, dan pembaca disebut membaca (Anderson, 2003:63), dapat disebut pula bahwa membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis.
Libatkan diri anda bila anak-anak anda sedang membaca. Bila mereka tanya, anda berikan jawapan. Ramai ibu bapa meninggalkan anak-anak bila mereka sudah pandai dan bijak membaca. Mereka lupa, bahawa pembacaan tanpa 'guru' boleh bawa kesesatan. Apabila di rumah, ketika anak-anak membaca, andalah guru mereka. Walaupun mungkin anda tidak faham apa yang mereka baca, hadirnya anda di samping mereka menunjukkan bahawa anda berminat nak tahu apa yang anak-anak sedang baca dan pelajari. Ini satu bentuk sokongan moral dan kasih sayang.
Tren tidak hanya digolongkan berdasarkan arahnya, tetapi juga durasi waktu tren yang sedang terjadi. Ada tren jangka panjang, jangka pendek, dan menengah yang hadir berdampingan dan mungkin memiliki arah yang sama maupun berlawanan. Semuanya dapat dijelaskan sendiri karena berbasis waktu dan bagian dari garis tren yang Anda lihat ketika membaca sebuah grafik.
Cara mengajari anak membaca dengan menyenangkan berikutnya tentu melibatkan anak dalam cerita yang kamu baca. Walau anak belum bisa membaca, begitu ia kamu libatkan dalam cerita yang sedang kamu baca. Maka ia akan tertarik dan antusias untuk mengetahuinya. Ajarkan cara membaca sedikit demi sedikit menggunakan cerita tersenut. Masa Kanak-kanan adalah masa terbaik untuk menerima pembelajaran.

Dalam artikel ini, penulis akan menyampaikan kepada Anda satu faktor yang mengganggu konsentrasi Anda saat membaca buku. Jika suara bising, keramaian, dan peristiwa yang menarik perhatian Anda merupakan gangguan yang datang dari luar, gangguan konsentrasi yang akan penulis sampaikan kepada Anda ini merupakan gangguan yang datang dari dalam diri Anda.
Mungkin dari kita ada yang pernah mendengar keluh kesah teman, saudara, tetangga atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengalami ketika anak usia SD terlambat dalam membaca, menulis dan berhitung. Melihat kondisi demikian, orang tua manapun tentunya akan khawatir, gelisah dan takut, apakah kondisi anaknya normal. Apalagi bila teman-teman seusia anaknya sudah bisa membaca, menulis dan berhitung. Sebagai orang tua biasanya juga akan merasa malu dan khawatir bila disangka orang mereka tidak bisa mengajarkan anaknya. Untuk kondisi psikis si anak itu sendiri juga terkadang menjadi hambatan, karena yang kerap terjadi si anak menjadi bahan ledekan teman-temannya.
Seorang anak yang belum pernah pergi ke desa dan menanam padi, contohnya, bisa dengan fasih menyampaikan aktivitas bercocok tanam di sawah. Seorang anak yang belum pernah berlibur ke pulau Bali, ternyata dia bisa menyebutkan ciri khas dan budaya di Bali dengan baik. Hebat, kan, ya? Karena dengan membaca, kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan wawasan yang luas.

Setelah ia selesai membaca buku kesayangannya, cara mengajari anak belajar membaca dan menulis selanjutnya adalah dengan mengajaknya untuk menuliskan apa yang ia baca dalam bukunya itu, lalu biarkan ia menceritakan apa yang telah dibacanya dalam tulisan singkat tersebut. Jangan lupa untuk memberi pujian atau sanjungan kalau ia mampu menuliskan cerita yang telah dibacanya itu.

Grafik Batang ‚Äď Lebih memperinci grafik garis, grafik batang mencakup beberapa potongan informasi utama lainnya yang ditambahkan pada setiap titik data di grafik. Terdiri dari deretan garis vertikal yang setiap garis merupakan perwakilan informasi perdagangan. Mereka mewakili angka tinggi dan rendah periode perdagangan serta harga pembukaan dan penutupan. Harga pembukaan dan penutupan diwakili oleh garis horizontal yang lebih pendek.
Memasuki usia 2 tahun, ketertarikan anak pada benda-benda di sekelilingnya akan semakin meningkat. Mereka selalu ingin menyentuh apa saja yang terasa asing di matanya. Agar tersalurkan secara optimal, Bunda bisa mengenalkan mereka pada buku-buku bergambar. Setelah mengenal buku dengan lebih baik, secara bertahap Bunda bisa mulai mengajari anak membaca.
Cara mengajari anak membaca berikutnya yang bisa Bunda terapkan adalah belajar mengeja dengan lagu. Cara ini banyak digunakan oleh para orang tua untuk mencegah si kecil merasa bosan saat belajar. Selain itu, belajar dengan lagu akan membuat si kecil lebih mudah mengingat. Bunda bisa mengarang lagu-lagu yang mudah diingat, atau mengubah lirik lagu anak yang sudah ada.
Tema "Bullying" biasanya banyak diangkat oleh novel/komik Jepang dan kadang oleh beberapa novel lokal dengan pengemasan seadanya. Tapi, dua kata deh buat novel ini. Suka. Keren. Mb Dyah berhasil meramu konflik yang utuh, klimaks dan penyelesaian yang oke. Pesannya nyampe banget, ada tentang persahabatan, keluarga, cinta, pokoknya cocok banget buat bacaan remaja. Aku sempat terharu pas menjelang akhir. Tokoh-tokohnya punya karakter yang kuat dan alasan yang logis kenapa dia ngelakuin hal-hal itu.

Total pemohon KTA siswa SD meningkat dari 180 menjadi 441 atau bertambah 261 anggota atau meningkat sekitar 145%. Hal ini terlihat bahwa siswa SD mulai aktif menjadi anggota perpustakaan agar dapat meminjam buku bacaan dan bisa dibaca tidak hanya di perpustakaan saja namun juga di rumah. Perubahan pola pikir/kesadaran siswa dalam meningkatkan minat baca juga sudah ditanamkan saat kegiatan sosialisasi dan bimbingan wali kelas. Hasilnya, terjadi peningkatan kunjungan siswa SDN ke perpustakaan daerah.Jumlah kunjungan siswa/i SD meningkat drastis dari awalnya sebelum inovasi total kunjungan sebanyak 512 menjadi 1304 pengunjung setelah adanya inovasi atau agregatnya mencapai 792 orang atau 155%. Kondisi pada saat itu juga didukung oleh perbaikan fasilitas perpustakaan seperti adanya ruang baca bertema luar angkasa.
Terminologi disleksia juga digunakan untuk merujuk kepada kehilangan kemampuan membaca pada seseorang dikarenakan akibat kerusakan pada otak. Disleksia pada tipe ini sering disebut sebagai Aleksia. Selain mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis, disleksia ditengarai juga mempengaruhi kemampuan berbicara pada beberapa pengidapnya. Para peneliti menemukan disfungsi ini disebabkan oleh kondisi dari biokimia otak yang tidak stabil dan juga dalam beberapa hal akibat bawaan keturunan dari orang tua.
×