Putri saya kelas 1 SD, sekarang sh berusia hampir 8 th.putri saya bs membaca, tapi kadang membaca terbolak balik kata”nya.menulis pun jg sering salah, padahal setiap hari sdh dilatih menulis dgn cara d dikte per suku kata.dlm berhitung pun demikian, dy slalu lupa ketika harus d ulang 2/3 hari ke depan.jujur, saya stres memikirkan putri saya.bgung harus bagaimana????
Dalam pembelajaran bahasa Indonesaia di Sekolah Dasar (SD), kita mengenal ada pembelajaran untuk kelas tinggi dan pembelajaran untuk kelas rendah. Yang dimaksud dengan pembelajaran kelas tinggi adalah pembelajaran untuk kelas IV, V, dan VI. Sedangkan pembelajaran kelas rendah meliputi pembelajaran untuk kelas I, II, III. Tentu saja pembelajaran untuk kelas tinggi tidak sama dengan pembelajaran untuk kelas rendah.
Jadi saya, si ibu pemula yang over-eager, langsung belanja berbagai buku belajar membaca untuk anak balita, dan mulai ngajarin Aira yang waktu itu umur 4 tahun untuk belajar membaca. Gimana hasilnya? Total failure. Aira gak tertarik sama sekali, harus dibujuk setengah dipaksa. Saya yang memang dasarnya nggak sabaran jadi kesal, ujungnya marah. Jadi beberapa sesi belajar membaca yang kami lakukan biasanya diakhiri dengan tangisan. Jadi saya berhenti. Saya ingat zaman saya kecil belajar membaca sama Mama saya, saya bawaannya stres, jadi bukannya bisa, malah tambah salah yang dibaca. Rasanya gak enak, jadi pasti Aira juga ngerasa gak enak.
Dalam hubungan antara wewenang dan tanggung jawab, hanya pimpinan yang bertanggung jawab terhadap segala yang terjadi di dalam kantornya. Dalam manajemen perkantoran, pimpinan adalah orang yang bertanggung jawab terhadap berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan kantor. Oleh karena itu, pimpinan boleh mendelegasikan wewenangnya, bahkan mungkin memang perlu mendelegasikan wewenangnya agar supaya pencapaian tujuan kantor bisa lebih mudah, tetapi dia sama sekali tidak boleh mendelegasikan tanggung jawabnya.
Cara menghilangkan kebiasaan buruk ini sama dengan cara menghilangkan vokalisasi. Gunakan pensil atau ballpoint di antara kedua bibir Anda ketika membaca. Jika pensil tersebut jatuh, maka dapat dipastikan bibir Anda bergerak. Ulangi kembali dan teruskan membaca dengan cara tersebut sampai Anda bisa menghilangkan gerakan bibir bahkan ketika sudah tidak menggunakan pensil sebagai alat bantu.
Cara menghilangkan kebiasaan buruk ini dengan menempatkan jari di pipi kanan Anda ketika membaca. Lakukan hal tersebut dan rasakan ketika kepala Anda mulai bergerak dan jari Anda mulai menekan pipi. Ketika itu terjadi maka sadarilah bahwa Anda telah menggerakkan kepala dan hindari hal tersebut. Ulangi terus sampai 2-3 minggu sampai Anda bisa menghilangkan kebiasaan menggerakkan kepala tadi.
Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah untuk menanamkan rasa cinta membaca dengan membaca untuk anak Anda dan juga bersama dengan anak Anda. Bukan dengan memaksa anak Anda untuk membaca. Anak-anak yang memiliki keterampilan secara natural, akan meminta untuk belajar lebih banyak, sementara anak-anak yang belum siap tetap akan mendapat keuntungan dari buku yang dibaca bersama-sama, yang nantinya akan membuat proses membaca lebih mudah ketika saatnya tiba. Tapi, pada usia berapa seharusnya anak sudah dapat membaca sendiri? Ini tergantung pada sekolah si anak. Fase membaca yang paling penting adalah antara usia 5-9 tahun. Jawaban atas pertanyaan usia berapa yang 'normal' untuk membaca tergantung pada sekolah dan perilaku mereka terhadap membaca. Cara yang terbaik adalah untuk selalu berhubungan dengan guru karena mereka dapat memberitahu Anda bagaimana anak Anda di sekolah dan apakah anak Anda perlu tambahan tugas rumah.
Setuju banget sama sharingnya, Mbak. Sy sudah 5 thn ini ngajar SD kelas 6 yg ikut UN. Kesulitan yg dihadapi murid-murid sy saat ngerjain soal2 bahasa indonesia adlh dlm membaca. Mereka tuh kebanyakan malas baca soal. Apalagi soal yg berbentuk teks atau narasi. Jd soal2 dibaca sepintas aja. Bagaimana mau mencari pokok pikiran, ide, atau gagasan dalam teks/narasi kl bacanya aja hanya sekedarnya. Belum lagi perbendaharaan kata2 yg kurang banyak. Jadi suka kesulitan kalo diminta mencari sinonim, antonim, atau mengartikan suatu kata dalam puisi. Dan itu sudah jadi gejala umum. Nggak heran, kl nilai UN bahasa Indonesia, baik tingkat SD sampai SMU paling kecil dibandingkan pelajaran lain. Saya sering tanya sama anak2 (murid), ternyata memang mereka ngga suka (ngga sering) baca buku. Jadi memang gemar baca buku itu penting banget ditumbuhkan sama anak2 kita
Di jaman yang serba canggih sekarang ini, gadget pun bisa menjadi sarana kita dalam mengajari anak membaca, namun setiap orangtua harus bisa membatasi pemakaiannya. Dengan menggunakan gadget smartphone yang anda miliki anda bisa mengunduh beberapa aplikasi pembelajaran untuk anak. Dalam penggunaan gadget ini orangtua harus membatasi sesi waktunya karena ketika terlalu lama maka akan bisa memberikan dampak buruk pada anak seperti karena radiasi dari smartphone atau terangnya cahaya pada layar yang bisa membahayakan mata anak.
Sayangnya, Anda jarang membaca. Sedikit sekali buku yang Anda baca sampai tuntas. Walhasil, pengetahuan Anda bukannya semakin bertambah setiap harinya, malah semakin basi! Di samping itu, sangat sedikit sekali keterampilan yang Anda kuasai. Anda juga sangat minim pengalaman karena tidak pernah mempelajari pengalaman orang lain. Kesemua itu mempersempit kesempatan Anda untuk sukses.
Membaca merupakan ilmu yang wajib dilakukan sejak dini. Mengajarkan membaca pada Anak yang paling efektif ialah saat mereka berusia 4-5 tahun karena perkembangan otak yang mudah untuk diserap. Untuk itu diharapkan bagi orang tua agar selalu mempunyai cara kreatif dalam mengajari anak membaca, khususnya untuk anak-anak TK. Berikut tips tips yang akan diberikan:

Menggunakan material sandpaper letter untuk mengenalkan anak pada (lambang) huruf a-z. Dikenalkan pelan-pelan dan secara bertahap (3 huruf dikenalkan setelah ingat baru berpindah ke 3 huruf lainnya). Huruf yang dikenalkan boleh secara acak. Sandpaper ini bermanfaat untuk membangun kesan otot jari-jari tangan terhadap bentuk huruf, mengasosiasikan suara phonic dengan huruf, membangun kesan visual, mengingat bentuk huruf, juga mempelajari arah penulisan huruf.  
Contoh, Anda sedang memikirkan “meditasi”. Apabila pikiran bawah sadar Anda sudah menyimpan data tentang meditasi, maka ia akan merespons pikiran sadar Anda dengan mengirimkan data “meditasi” atau data yang mirip dan berkaitan dengan meditasi. Sementara itu, apabila sebelumnya ia tidak menyimpan data “meditasi”, maka ia akan tetap memberikan respons ke pikiran sadar Anda, bukan dengan mengirimkan data tentang “meditasi” melainkan sembarang data secara acak. Data itu bisa bermacam rupa, mulai dari mobil, makanan, hingga tempat wisata.

Memaksakan anak bukanlah cara mengajar anak tk menulis yang benar, karena itu hanya akan membuatnya merasa tertekan dan tidak mau lagi belajar menulis. Cara belajar menulis anak tk perlu mengkondisikan waktu dan juga mood anak sehingga Anda bisa lebih maksimal dalam menerapkan cara mengajar anak tk dalam menulis. Usahakan jika anak sudah merasa bosan, maka hentikan proses belajar menulis.


Anak-anak biasanya akan lebih mudah memahami bacaan bila memakai alat bantu seperti spidol atau stabillo. Bagi para Ibu sebaiknya mencoba cara ini, cobalah untuk memakai spidol dengan warna yang berbeda agar anak lebih mudah membaca dengan benar sekaligus merupakan cara yang asyik dalam belajar membaca. Hal ini sekaligus bisa dipakai untuk mengajari anak dalam membedakan warna.


Anak-anak sangat suka bermain peran atau bermain pura-pura. Salah satu permainan peran yang paling disukai anak-anak adalah bermain dokter-dokteran. Segala isi kotak P3K mulai dari kapas, plester, obat merah, sampai termometer, digunakan anak untuk bermain dokter-dokteran. Bahkan terkadang, alat rumah tangga pun bisa digunakan anak untuk dijadikan seakan-akan alat kedokteran. 😍
×